Selasa, 02 Mei 2017

LAPORAN PPL II STAI KUALA KAPUAS 2017


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Pelaksanaan PPL

STAI Kuala Kapuas adalah Fakultas Tarbiyah dengan program Sarjana Muda yang didirikan pada tahun 1985 di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Karya Pembangunan. Berdasarkan petunjuk Rektor IAIN Antasari Banjarmasin, nama Fakultas Tarbiyah hanya dipergunakan pada lembaga Institut atau Universitas, maka berubahlah Fakultas Tarbiyah Kuala Kapuas menjadi STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Kuala Kapuas. Berdasarkan rekomendasi Rektor IAIN Antasari Banjarmasin tanggal 28 Agustus 1986 Nomor:835/PP.009/E/88, maka Kopertais Wilayah IV Surabaya memberikan ijin operasional dengan surat keputusan Ketua Kopertais Wilayah IV Surabaya tanggal 4 Maret 1987 Nomor: 99/K/F-9/PI/1987 yang berlaku sejak tanggal 1987.

Konsekuensi perubahan, juga berpengaruh pada perubahan pengelola, sehingga dibentuklah yayasan tersendiri yang khusus mengelola pendidikan tinggi dengan terbitnya akta notaris Lily Dharma SH, di Banjarmasin dengan akta tertanggal 10 Oktober 1988 dan serah terima antara Yayasan Pondok Pesantren Karya Pembangunan (YPPKP) di lakukan pada tanggal 5 Nopember 1988, dengan nama Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al Mukarram.
Setelah mengalami proses yang panjang, STIT Kuala Kapuas diakui keberadaannya dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 83 tahun 1990 dengan Status TERDAFTAR untuk program Strata Satu (S1) Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1999, STIT Kuala Kapuas di kembangkan dan diperluas menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) dengan penambahan sebuah jurusan Syariah program strata satu dengan program Studi Ahwal Assyaksiah dan Diploma II Jurusan PAI dengan terbitnya surat Ketua Kopertais Wilayah XI Kalimantan Nomor; 14 tahun 2001 dan SK C/II/14/2001 tanggal 9 Maret 2001 tentang Status terdaftar Diploma II.
Pada tahun 2000 Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terakriditasi oleh Badan Akkreditasi Nasional Depdiknas RI, dengan kualifikasi C. Kemudian pada tahun 2004, Jurusan Tarbiyah program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terakreditasi kembali dengan kualifikasi B.
Untuk saat ini jurusan yang dikembangkan adalah jurusan tarbiyah dengan program studi Pendidikan Agama Islam
Oleh karena itu pada Fakultas Tarbiyah, proses pendidikan di bangku kuliah lebih jauh ditujukan untuk mencetak calon guru yang memahami Dienul Islam serta menjunjung tinggi profesionalisme dalam mengajar. Maka dengan upaya mengimplementasikan tujuan serta pemikiran tersebut, Sekolah Tinggi Agama Islam Kuala Kapuasa melalui Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tahun akademik 2016/2017 menyelenggarakan Praktek Profesi Lapangan (PPL) dalam bentuk praktek keguruan. Kegiatan Praktek Keguruan ini merupakan manifestasi dan pengalaman nilai kependidikan dan keagamaan dalam mengajar dan mendidikan tunas-tunas bangsa agar menjadi manusia yang paripurna dan muslim yang kaffah, yang sesuai dengan harapan dan tujuan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan berbangsa dan lebih jauh lagi sebagai bentuk perwujudan dalam kehidupan bermasyarakat guna ikut dalam menyukseskan Pembangunan Nasional melalui aspek pendidikan dan pengajaran.
Untuk itu dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa ini bukan saja merupakan tugas pemerintah semata, akan tetapi harus didukung dan di laksanakan oleh seluruh lapisan masyarkat termasuk didalamnya Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI beserta seluruh civitas akademiknya pada setiap perguruan tinggi.
















B.     Tujuan Pelaksanaan PPL
Tujuan dilaksanakannya PPL Keguruan ini adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan peran mahasiswa Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mendidik masyarakat guna ikut berperan aktif menuju terciptanya tujuan Pendidikan Nasional.
2.      Menanamkan dan memupuk motivasi dan kesadaran mahasiswa untuk bertanggung jawab dalam mengalokasikan teori-teori yang diperoleh di bangku kuliah kepada masyarakat melalui jalur formal maupun non-formal.
3.      Mendidik mahasiswa agar dapat mengamati dan menganalisa secara langsung permasalahan yang komplek dalam dunia pendidikan, sehingga berusaha untuk memecahkan masalah tersebut dengna solusi yang praktis dan rasional serta professional sesuai dengan disiplin ilmu yang diketahui.
4.      Menjembatani hubungan yang harmonis antara Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuala Kapuas Dengan Sekolah Dasar Negeri Tabatan Baru. Agar tumbuh hubungan silaturrahim dan interaksi yang saling menguntungkan.
5.      Agar mahasiswa memperoleh pengalaman serta penghayatan secara langsung dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu sebagai guru.


C.    Manfaat Pelaksanaan PPL

Manfaat dilaksanakannya Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki pengalaman dibidang mengajar, karena PPL mengemban tugas dan amanah sebagai pengajar di lokasi PPL dan akan mendapatkan masukan-masukan dari berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) seperti: Kepala Sekolah, Guru pamong, Supervisor, guru-guru dan anggota PPL yang lain. Dan tidak hanya masukan dan saran yang di dapat oleh anggota PPL namun kita dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan anggota itu sendiri.





BAB II
GAMBARAN UMUM (OBSERVASI) SEKOLAH

PROFIL SEKOLAH
1.      Nama Sekolah                   : SD Negeri Tabatan Baru
2.      Alamat                              :
a.       Jalan                            : Tabatan Baru
b.      Desa/ Kelurahan          : Tabatan Baru
c.       Kecamatan                  : Kuripan
d.      Kabupaten/ Kota         : Barito Kuala
e.       Provinsi                       : Kalimantan Selatan
f.       Kode Pos                    : 70552
3.      Luas Tanah                        : 17400 m2
4.      Status Tanah                     : Milik Sendiri
5.      Status Bangunan               : Milik Sendiri
6.      Jumlah Siswa dan Rombel Dua Tahun Terakhir
No
Kelas
TAHUN PELAJARAN
2015-2016
2016-2017
Jumlah
Rombel
Jumlah
Rombel
1.
I
16
1
13
1
2.
II
21
1
15
1
3.
III
23
1
17
1
4.
IV
18
1
21
1
5.
V
18
1
18
1
6.
VI
24
1
18
1
JUMLAH
120
6
102
6
7.      Jumlah Guru dan Tenaga Pendukung
a.       Jumlah PTK berdasarkan tingkat Kualifikasi Akademik
No
Status/ Jabatan
Tingkat Pendidikan Terakhir
< SLTP
SLTA
D2
D3
S1*)
S2
S3
1.
Kepala Sekolah
-
-
-
-
1
-
-
2.
Guru PNS
-
-
-
-
2
-
-
3.
Guru Bantu/Honda
-
-
-
-
-
-
-
4.
Guru Sukwan/Honor
-
2
-
-
3
-
-
5.
Penjaga sekolah
-
1
-
-
-
-
-
*) Sarjana Pendidikan
b.      Kualifikasi Pendidik berdasarkan tingkat Kompetensi/ Sertifikasi
No
Status/ Jabatan
Jumlah Personil yang Lulus Sertifikasi/
Jumlah
Tahun
1.
Kepala Sekolah
1
2011
2.
Guru PNS
2
2012/2015
3.
Guru Bantu/Honda
-
-
4.
Guru Sukwan/Honor
-
-






8.      Visi dan Misi Sekolah

VISI SEKOLAH
” Terwujudnya Pendidikan dan Pengajaran Yang Bermutu, Disiplin, Berdaya Saing Tinggi Serta Unggul Dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa”

MISI SEKOLAH
a.    Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan IPTEK.
b.      Memberikan bimbingan pelayanan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat.
c.    Menciptakan siswa yang berprestasi dan terampil sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki.
d.   Memberikan bekal kepada siswa untuk menjadi manusia yang mandiri bertanggung jawab dan mampu mengahadapi tantangan hidup dimasa yang akan datang.











9.      Jumlah Ketersediaan Sarana Pendukung
a.       Peralatan Pendidikan
No
Jenis Peralatan
Jumlah
Satuan
Kondisi
1.
Alat Peraga IPA
3
Unit
Cukup Baik
2.
IPS
1
Set
Cukup Baik
3.
Matematika
3
Unit
Cukup Baik
4.
Bahasa Indonesia
2
Unit
Cukup Baik
7.
KIT IPA
2
Unit
Cukup Baik

b.      Media Pendidikan
No
Jenis Media
Jumlah
Satuan
Kondisi
1.
Perangkat Komputer/Laptop
1
Unit
Baik
2.
Printer
1
Unit
Baik














c.       Perabot Sekolah
No
Jenis Perabotan Sekolah
Jumlah
Satuan
Kondisi
1.
Meja/kursi Kepala Sekolah
1
Set
Cukup Baik
2.
Meja/kursi Guru
10
Set
Cukup Baik
3.
Meja Siswa
140
Buah
Kurang Baik
4.
Kursi Siswa
60
Buah
Kurang Baik
6.
Lemari Kelas
6
Buah
Kurang Baik
7.
Rak Buku Perpustakaan
3
Buah
Baik
9.
Papan Tulis/ White Board
6
Buah
Kurang Baik
11.
Papan Data Kantor
3
Unit
Cukup Baik

10.  Jumlah Ketersedian Ruangan
a.       Ruangan Pokok
No
Nama Ruangan
Jumlah
Satuan
Kondisi
1.
Ruang Kelas/ Belajar
6.(7 x 8.5m)
M2
Cukup Baik
2.
Kantor (Kepsek/Guru/Komite)
4 x 5
M2
Cukup Baik
b.      Ruangan Penunjang
No
Nama Ruangan
Ukuran
Satuan
Kondisi
1.
Ruang Perpustakaan
7 x 6 m
M2
Cukup Baik
3.
WC GURU
2 x 3 m
M2
Cukup Baik
4.
WC MURID
1 ( 2 x 3m)
M2
Cukup Baik
BAB III
PELAKSANAAN PPL


A.    Laporan Kegiatan Proses Belajar Mengajar
Berawal dari beberapa persiapan yang telah ditempuh oleh mahasiswa praktekan masa selanjutnya adalah berkoordinasi dengan guru pamong mata pelajaran PAI, mengenai batasan materi pelajaran yang telah di sampaikan sebelumnya guna dilanjutkan oleh masing-masing mahasiswa praktekan, kemudian dibuat program skenario pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan silabus mata pelajaran yang akan di praktekan oleh mahasiswa.
      1.      Pembuatan Program Rencana Pembelajaran
Pengertian Program Rencana Pembelajaran adalah Program pengajaran mengenai satu kesatuan bahasa tertentu yang merupakan bahasan satu kesatuan program yang di pergunakan guru dalam proses belajar mengajar yang terdiri dari :
a.       Program Tahunan, yaitu program pembelajaran yang dibuat untuk satu tahun yang berisi tentang program pembelajaran
b.      Program Semester, yaitu Program pembelajaran yang dibuat untuk satu semester.
c.       RPP, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di buat untuk merencanakan kegiatan mengajar.
d.      Silabus, yaitu program pembelajaran yang dibuat setiap kali guru melaksanakan proses pengajaran.








1). Adapun komponen-komponen program rencana pengajarannya adalah :
a). Komponen Dasar, berisi tentang rincian tujuan pembelajaran secara generasi yang merangkum semua aspek, sebagaiman tujuan yang telah di tetapkan oleh GBPP.
b). Indikator, berupa penjabaran yang lebih khusus yang membahas tujuan pembelajaran secara tertentu.
c). Materi atau Bahan Pengajaran, menentukan materi atau bahan pengajaran yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran, seperti program Administrasi Perkantoran yang dibuat dalam bentuk Satpel atau Silabus
d). Strategi Pembelajaran, menentukan metode kegiatan belajar mengajar seperti metode ceramah atau diskusi dan ditetapkan di dalam silabus, dan proses pembelajaran harus mengikuti kalender pendidikan sebagaimana yang telah di tentukan oleh pemerintah.
e). Alat dan Sumber Pengajaran, berupa buku, guru dan fasilitas lain yang akan mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran.
f). Penilaian atau Evaluasi, berupa tes, latihan dan ujian sebagai bahan evaluasi hasil pengajaran.

2). Langkah-langkah Program Rencana Pengajaran
a)      Menerapkan unsur-unsur dalam GBPP, di dalam setiap penyampaian materi pengajaran harus memenuhi unsur-unsur  GBPP yang telah ditetapkan.
b)      Merumuskan indikator dalam keterampilan proses pembelajaran, setiap pendidik harus mampu merumuskan indikator di dalam proses pembelajarannya sebagaimana yang telah dibuat di dalam silabus atau satpel.
c)      Menerapkan materi pelajaran, setiap guru harus bisa menyampaikan dan menerapkan materi pelajaran sesuai dengan GBPP tang telah ditetapkan.
d)     Kegiatan belajar mengajar, harus disesuaikan dengan GBPP dan materi yang akan disampaikan harus menggunakan metode  pengajaran yang sesuai.
e)      Menetapkan alat-alat dan sumber pelajaran, di dalam menentukan alat dan sumber pelajaran harus sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran yang akan disampaikan.
f)       Penialaian atau evaluasi, setelah proses pembelajaran di laksanakan maka langkah terakhir adalah evaluasi dengan melaksanakan ujian.
Dengan memperhatikan prosedur pembuatan program rencana pembelajaran, maka penulis menggunakan semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari mata pelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang diambil dan kemudian siap untuk didemonstrasikan melalui proses intraksi belajar dan mengajar di dalam kelas.

2.      Penampilan Pengajaran di Kelas

Pelaksanaan kegiatan praktek keguruan yang dilaksanakan penyusun di Sekolah Dasar Negeri Tabatan Baru. adalah pada mata pelajaran PAI untuk kelas IV-V. Di laksanakan oleh 1 kelompok berjumlah 2 orang. Secara keseluruhan praktek ini menghabiskan waktu 2  Minggu 16 x Pertemuan di bagi 2 = 1 minggu 8 pertemuan /orang.

























    BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Setelah Peserta PPL melaksanakan PPL dengan segala aktifitas, maka peserta dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1.      PPL II  merupakan suatu mata kuliah yang sangat menunjang keberhasilan mahasiswa untuk mendapat kompetensi dan performansi yang diharapkan lembaga maupun pihak lain yang membutuhkan.
2.      PPL II merupakan realisasi dari pembelajaran yang ditemui di kampus, dan merupakan gambaran nyata dari permasalahan yang akan di temui kelas di lapangan.
3.      Ilmu yang diperoleh di kampus tidak selamnya dapat diterapkan langsung di lapangan      ( di sekolah ), tetapi harus menyesuaikan dengan lingkungan sekolah masing-masing.
4.      Administrasi guru untuk tiap mata pelajaran yang di perbolehkan untuk praktik ternyata sudah lengkap dari KTSP, Silabus, RPP, Prosem, Prota, Daftar Nilai, Daftar Kemajuan belajar dan lainya, sehingga memudahkan bagi praktikan untuk melaksanakan praktinya.
5.      Siswa dan lingkungan sekolah sangat kondusif untuk proses belajar mengajar.










B.     Saran / Rekomendasi

Melaksanakan praktikum keguruan ini tentunya terdapat kekurangan-kekurangan yang dapat menyebabkan proses berjalannya praktikum sedikit terhambat oleh karena itu sebagai bahan evaluasi bahan praktikum perlu penulis sampaikan saran-saran, baik bagi anggota praktikum maupun pihak-pihak terkait.Mengingat waktu praktikum keguruan sangat singkat, maka perlu sekali adanya persiapan yang matang baik dari pihak praktekan maupun dari pihak penyelenggara agar program PPL bisa berjalan dengan baik dan mendapat hasil yang memuaskan.Fasilitas yang tersedia di lapangan idealnya lebih lengkap lagi sehingga proses balajar mengajar praktekan lebih baik.


Demikian laporan praktikum ini penulis susun walaupun masih terdapat kekurangan, namun demikian penulis telah berusaha semaksimal mungkin menyusun laporan ini, tentunya dengan data, fakta dan realita selama berlangsungnya kegiatan praktikum keguruan. oleh karena itu keberhasilan penyusunan tiada lain adalah berkat hidayah dan kemudahan yang telah Allah berikan kepada penulis sehingga mampu menyelesaikan laporan ini sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan Jurusan Pendidikan Agama Islam  (Tarbiyah) STAI Kuala Kapuas..
Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada segenap keluarga besar Sekolah Dasar Negeri Tabatan Baru  atas kerjasama dan diterimanya kami menyelenggarakan praktek keguruan, begitu juga kepada ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah), para dosen pembimbing beserta semua pihak yang telah mendukung untuk tersusunnya laporan ini. semoga amal baik ini mendapatkan balasan pahala dan kebaikan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Akhirnya hanya kepada Allah jualah penulis sandarkan segala urusan, dengan tawakkal kepada-Nya, karena Dia-lah sebaik-baik penilai. mudah-mudahan laporan ini bermanfaat dan menjadi suatu kaya yang dapat dijadikan acuan dan pedoman bagi pembuatan laporan praktikum dimasa yang akan datang. Amiin…

daowload File Docomen selengkapnya  di link di bawah ini
: https://drive.google.com/drive/u/0/folders/0B8vHmk6xWu8bVmhvVUw1MUtGUTg




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 1.       Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar. Jawaban : 1)    Teori Belajar Bruner: ...