Kamis, 07 Juni 2018

TUGAS 3 PDGK 4403 PENDIDIKAN ANK DI SD


1. Jelaskan pengertian pendekatan pembelajaran menurut Dimyati dan Mujiono !
Jawaban :
Menurut Dimyati dan Mujiono Pendekatan Pembelajaran ialah  Pendekatan pembelajaran dengan pengorganisasian siswa dapat dilakukan dengan pembelajaran secara individual, pembelajaran secara kelompok, dan pembelajaran secara klasikal. Pendekatan pembelajaran dapat berarti anutan pembelajaran yang berusaha meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pengolahan pesan sehingga tercapai sasaran belajar. Dalam belajar tentang pendekatan belajar tersebut, orang dapat melihat pengorganisasian siswa, posisi guru-siswa dalam pengolahan pesan, dan pemerolehan kemampuan dalam pembelajaran

2. Ada 7 langkah yang harus ditempuh dalam mengembangkan kurikulum yang berbasis teori multiple intelegensi, uraikan !
Jawaban :

7 langkah yang harus ditempuh dalam mengembangkan kurikulum yang berbasis teori multiple intelegensi, yaitu:
1.      Linguistic intelligence (kecerdasan linguistik) adalah kemampuan untuk berpikir dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa untuk mengekspresikan dan menghargai makna yang kompleks.
2.      Logical-mathematical intelligence (kecerdasan logika-matematika) merupakan kemampuan dalam menghitung, mengukur, dan mempertimbangkan proposisi dan hipotesis, serta menyelesaikan operasi-operasi matematis.
3.      Spatial intelligence (kecerdasan spasial) membangkitkan kapasitas untuk berpikir dalam tiga cara dimensi seperti yang dapat dilakukan oleh pelaut, pilot, pemahat, pelukis, dan arsitek. Kecerdasan ini memungkinkan seseorang untuk merasakan bayangan eksternal dan internal, melukiskan kembali, merubah, atau memodifikasi bayangan, dan menghasilkan atau menguraikan informasi grafik.
4.      Bodily-kinesthetic intelligence (kecerdasan kinestik-tubuh) memungkinkan seseorang untuk menggerakan objek dan keterampilan-keterampilan fisik yang halus. Misalnya kelihatan pada diri atlet, penari, ahli bedah, dan seniman yang mempunyai keterampilan teknik.
5.      Musical intelligence (kecerdasan musik) jelas terlihat pada seseorang yang memiliki sensitivitas pada pola titinada, melodi, ritme, dan nada. Misalnya pada seorang komposer, konduktor, musisi, kritikus, dan pembuat alat musik juga pendengar yang sensitif.
6.      Interpersonal intelligence (kecerdasan interpersonal) merupakan kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Hal ini terlihat pada guru, pekerja sosial, artis, atau politisi yang sukses.
7.      Intrapersonal intelligence (kecerdasan intrapersonal) merupakan kemampuan untuk membuat persepsi yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan pengetahuan semacam itu dalam merencanakan dan mengarahkan kehidupan seseorang. Misalnya terlihat pada ahli ilmu agama, ahli psikologi, dan ahli filsafat.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kovensi, hak, dan anak serta bagaimana kewajiban dan tanggung jawab anak terhadap pihak lain ?
Jawaban :

Konvensi adalah perjanjian di antara beberapa negara (hukum internasional). perjanjian ini bersifat mengikat  sacara yuridis dan politis. oleh karena itu , konvensi merupakan  suatu hokum internasional atau  biasa juga disebut sebagai “ instrument  Internasional “
Hak adalah Hak Asasi Manusia.segala sesuatu  yang melekat  pada diri seseorang  semenjak lahir,hal yang menimbulkan  kewajiban  terhadap orang lain sekaligus menimbulkan kewajiban terhadap pemilik hak tersebut agar tidak melanggarhak-hak orang lain yang sama 

Anak adalah setiap orang di bawah usia 18 tahun, kecuali undang-undang nasional menetapkan umur yang berbeda. Menurut menurut Pasal 1 KHA / Keppres No.36 Tahun 1990 “anak adalah setiap orang yang berusia dibawah 18 tahun kecuali berdasarkan UU yang berlaku bagi yang ditentukan bahwa usia dewasa dicapai lebih awal”. Disamping itu menurut pasal 1 ayat 5 UU No.39 Tahun 1999 Tentang HAM, “anak adalah setiap manusia yang berusia dibawah 18 tahun dan belum menikah, termasuk anak yang masih dalam kandungan apabila hal tersebut adalah demi kepentingannya”.

Konvensi Hak Anak merupakan wujud nyata atas upaya perlindungan terhadap anak, agar hidup anak menjadi lebih baik. Sejak Indonesia meratifikasi Konvensi Hak Anak di Tahun 1990 banyak kemajuan yang telah ditunjukkan oleh pemerintah Indonesia dalam melaksanakan Konvensi Hak Anak. Dalam menerapkan Konvensi Hak Anak, negara peserta konvensi punya kewajiban untuk melaksanakan ketentuan dan aturan-aturannya dalam kebijakan, program dan tata laksana pemerintahannya.


Kewajiban dan tanggung jawab anak terhadap pihak lain yakni :
  1. Menghormati hak anak-anak lain.
  2. Menghormati orang tua dan guru, sekalipun mereka ada kekurangan.
  3. Belajar sepanjang hayat untuk masa depan.
  4. melaksanakan ketentuan-ketentuan yang terkandung dan atau memiliki kewajiban untuk memenuhi hak-hak anak yang diakui dalam KHA yang secara umum memberikan perlindungan dan penghargaan terhadap anak, agar anak dapat merasakan seluruh hak-haknya, sehingga terjauh dari tindakan kekerasan dan pengabaian.
  5. Konvensi Hak Anak yang terdiri dari 3 bagian yang mencakup kandungan substantif hak anak, mekanisme pelaksanaan dan pemantauan, serta pemberlakuan sebagai hukum yang mencakup secara internasional. Sehingga setidaknya akan mampu mendapat pemahaman tentang empat kategori Hak Anak yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh kembang, hak memperoleh perlindungan dan hak untuk berpartisipasi atau dihargai pendapatnya.
  6. Kemudian setelahnya adalah melakukan monitoring situasi dengan mengum[ulkan berbagai bahan atau informasi tentang masalah seputar anak.
  7. Mendapatkan informasi seluas-luasnya tentang isu anak. Periksa ulang kembali segala informasi yang didapatkan untuk memastikan keakuratan informasi tersebut.
  8. Analisis situasi untuk memetakan berbagai masalah anak secara periodik

4. Dalam belajar dikenal adanya istilah kurikuler dan ekstrakurikuler. Jelaskan pengertian dari masing-masing istilah tersebut dan apa tujuan dari kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler ?
Jawaban :
Kurikuler  merupakan kegiatan  yang berkaitan dengan kurikulum, Sebagai kegiatan inti persekolahan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kegiatan kurikuler banyak berkaitan  dengan kegiatan  pembelajaran disekolah  bahkan di kelas.
Tujuannya dari kegiatan kurikuler yaitu untuk menumbuhkan kemampuan akademik siswa

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang diselenggarakan diluar jam pelajaran yang tercantum  dalam susunan  program sesuai dengan  keadaan dan kebutuhan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler  merupakan kegiatan  pengayaan yang berhubungan  dengan program kurikuler
Tujuannya dari kegiatan ekstrakurikuler yaitu membantu perkembangan siswa sesuai dengan kebutuhan potensi, bakat dan minat mereka  melalui kegiatan yang diselenggarakan  oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan  yang berkemampuan dan berwenang di sekolah. menumbuhkan pengembangan kemampuan sebagai makhluk social dan sebagai pembantu pencapaian tujuan kegiatan kurikuler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 1.       Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar. Jawaban : 1)    Teori Belajar Bruner: ...