Kamis, 07 Juni 2018

TUGAS 3 PDGK 4303 PERSPEKTIF GLOBAL


1.      Jelaskan pengertian negara sedang berkembang, dan tunjukkan ciri-cirinya!
Jawaban :
Negara berkembang atau sering disebut dengan negara-negara dunia ketiga yaitu negara-negara yang baru saja meraih kemerdekaan dari negara-negara maju. “Negara berkembang yaitu negara yang rakyatnya mempunyai tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan.”Penggunaan kata berkembang berbeda dengan kata tidak berkembang. Suatu negara disebut tidak berkembang bila memang tidak memiliki potensi untuk berkembang, misalnya negaranegara di gurun gersang yang tidak mempunyai sumber daya untuk melakukan pembangunan. Kata ”berkembang” berarti bahwa negara-negara tersebut sedang mengalami suatu proses pembangunan menuju kemajuan.
    Di negara berkembang memang sebagian besar penduduk dalam taraf menengah kebawah, kesenjangan sosial masalah ekonomi dan korupsi banyak dijumpai, ada juga yang hampir mendekati negara terbelakang (miskin), 

Ciri -ciri negara berkembang  sebagai berikut :

a.       Perekonomian Pada Sektor Primer
b.      Pendapatan Perkapita Tergolong Rendah
c.       Tingkat Pendidikan Rendah
d.      Tingginya Tingkat Pengangguran
e.       Kurang Disiplin dan Tidak Menghargai Waktu
f.       IPTEK Kurang Dikuasai
g.      Tingginya Laju Pertumbuhan Penduduk
h.      Rendahnya Modal Perorangan
i.        Lebih Banyak Import dibanding Eksport
j.        Tingkat Korupsi Cukup Tinggi



2.      Bagaimana masalah pendidikan di Indonesia, apakah sudah sejajar dengan pendidikan di negara maju!
Jawaban :
Pendidikan di Indonesia kualitasnya rendah dibanding negara-negara maju.  Salah satu hal yang ditempuh adalah dengan melihat dan membandingkan sistem pendidikan di negara-negara maju dengan sistem pendidikan di Indonesia kemudian belajar darinya sehingga nantinya bisa diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator penting yang menunjukkan kualitas penduduk suatu negara. Di negara-negara maju secara umum penduduknya sudah memiliki kesadaran tinggi akan arti penting pendidikan dan penguasaan Iptek. Hal tersebut terlihat dari angka partisipasi belajar penduduk negara-negara maju yang sangat tinggi. Tingginya tingkat pendidikan penduduk di negara maju juga ditunjang oleh sistem pendidikan yang baik dan anggaran pendidikan yang tinggi dari pemerintah.

Tingkat pendidikan masyarakat di negara maju sudah sangat tinggi. Hampir seluruh penduduk bisa membaca dan menulis (melek huruf). Pemerintah mampu memberikan jaminan pendidikan dasar gratis kepada seluruh lapisan masyarakat. Fasilitas pendidikan di negara maju juga tersedia lengkap. Sistem pendidikan yang digunakan lebih menekankan pada kecakapan hidup dan kemandirian peserta didik untuk mengembangkan potensinya. Ilmu pengetahuan dan teknologi di negara maju sudah berkembang dengan pesat. Negara maju memiliki ilmuwan dalam berbagai disiplin ilmu. Para ilmuwan ini diberi fasilitas, seperti laboratorium lengkap dan standar gaji tinggi sehingga bisa melakukan inovasi. Hasil-hasil inovasi sangat bermanfaat di berbagai bidang, seperti produksi, militer, ruang angkasa, kedokteran, maupun pengembangan ilmu pengetahuan.

3.      Jelaskan pengertian negara maju dan apa ciri-cirinya!
Jawaban :

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Negara maju begini, pasti suatu negara ingin rakyatnya makmur. Maka petinggi negara lebih fokus ke pembangunan negara juga dalam hal teknologi dan ekonomi.Selain itu negara maju tuh industrinya beragam, jadi ekonomi merata. Tidak terfokus pada satu hal saja. Tentu saja ini pendapatan perkapitanya sangat tinggi dan inflasinya rendah dan ada juga yang mengatakan tingkat korupsi yang rendah menjadi salah satu indikator suatu negara dikatakan sebagai negara maju.

ciri-ciri negara maju sebagai berikut :


a.       Sebagian Besar Pendapatan Negara Berasal dari Industri dan Jasa
b.      Pendapatan Perkapita Tinggi
c.       Tingginya Tingkat Pendidikan
d.      Rendahnya Tingkat Pengangguran
e.       Disiplin dan Menghargai Waktu
f.       Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
g.      Lambatnya Laju Pertumbuhan Penduduk
h.      Tingkat Ekspor Lebih Tinggi Dibanding Import
i.        Sebagian Penduduk Tinggal di Kota
j.        Krisis Lingkungan Cepat Diatasi

 
4.      Mengapa di negara maju terjadi kesenjangan ekonomi yang makin melebar?
Jawaban :
Karena meningkatnya kesenjangan antara kaya-miskin terjadi karena pendapatan upah dan gaji para pekerja yang sebelumnya telah kaya meningkat jauh lebih cepat daripada upah dan gaji pekerja yang sebelumnya tidak kaya. Pertumbuhan ekonomi sebelum krisis 2008 memang telah menyebabkan kemakmuran rata-rata meningkat, namun kelompok terkaya memperoleh bagian yang jauh lebih banyak daripada kelompok termiskin. Reformasi dalam kebijakan publik telah meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi, serta menambah perluasan lapangan kerja, terutama wanita yang bekerja paruh waktu dan pekerja berupah rendah.
Namun semakin banyaknya pekerja paruh waktu dan berupah rendah ini justru menyebabkan kesenjangan pendapatan semakin melebar, karena upah mereka tidak meningkat sebanyak gaji pekerja tetap. Sebab lain adalah anggaran pemerintah untuk membiayai berbagai bantuan sosial semakin berkurang sehingga jumlah penerima bantuan harus dikurangi dengan memperketat persyaratan pemberian bantuan, padahal jumlah penduduk yang perlu menerima bantuan sosial semakin benyak. Tingkat pajak yang lebih progresif tidak mungkin lagi dikenakan karena penduduk kaya dikhawatirkan akan pindah ke negara lain yang mengenakan tingkat pajak yang lebih rendah.

5.      Bagaimana  mengatasi masalah ekonomi di negara berkembang seperti di Indonesia!
Jawaban :

Beberapa cara mengatasi masalah ekonomi di negara berkembang seperti Indonesia antara lain ialah:

a.       Membuka lapangan kerja baru yang untuk semua lulusan.
b.      Memberantas para peminta-minta di sekitar.
c.       Memberikan bentuk-bentuk pendidikan yang lebih khusus, seperti sekolah menjahit, sekolah teknik mesin dan lain-lainnya.
d.      Memberlakukan upah minimal di setiap daerah yang telah disepakati oleh region bersangkutan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 1.       Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar. Jawaban : 1)    Teori Belajar Bruner: ...