Kamis, 07 Juni 2018

TUGAS 1 PDGK 4303 PERSPEKTIF GLOBAL


1. Jelaskan mengapa mahsiswa diberikan pendidikan perspektif global!
Jawaban :
Mahasiswa diberikan pendidikan prrspektif global"karena dalam pendidikan perspektif global ini diharapkan siswa dapat memantapkan pengetahuan dan pemahamannya, dalam menghadapi permasalahan -permasalahan yang dihadapi dalam dunia, untuk dapat mewujudkan manusia yang berprestasi maju, seutuhnya guna mensejahterakan kehidupan seluruh rakyat bangsa. perspektif global suatu pandangan yang timbul akibat suatu kesadaran bahwa hidup dan kehidupan ini untuk kepentingan global yang lebih luas, perspektif global diberikan kepada siswa agar pengetahuan dan pemahaman tentang perspektif global diajarkan dan diintegrasikan kedalam mata pelajaran SD.

2. Apa peranm guru dalam menyampaikan materi perspektif global
Jawaban :
Peran guru dalam menyampaikan p
endidikan perspektif global" seorang guru di harapkan dapat menjadi penghubung bagi siswa, guna memahami materi pendidikan khususnya pengetahuan dunia, memberj bekal pengetahuan tentang meningkatkan kesadaran anak didik sebagai ladasan tindakan yang berdampak global, baik dalam masyarakat atau kehidupan sehari-hari, kita memerlukan suatu pendekatan yang akan menolong siswa untuk mengarahkannya kehidupan yang sangat kompleks dan menjahui pengrertian yang sempit tentang ruang, ras, agama,suku ,sejarah dan kebudayaan.

Dalam menyampaikan materi dengan cara memberikan contoh teladan karena mempunyai pengaruh terhadap masalah global, meningkatkan kesadaran dan wawasan anak didik sebagai landasan dalam melakukan tindakan yang berdampak global,memberikan bekal pengetahuan kepada siswa tentang pentingnya pengetahuan global dalam memahami masalah - masalah tertentu.global yaitu guru harus selektif untuk memilih materinya, contoknya memberikan informasi melalui media sosial atau media lainnya, karena tidak semua berita yang diterima peserta didik, justru dari berita tersebut peserta didik bisa salah pengertian, tentang berita yang telah dsampaikan lewat media, dan bisa berdampak buruk bagi peserta didik.

3. Era globalisasi akan menumbuhkan masyarkat yang terbuka di bidang ekonomi dan politik, berikan argumen Anda!
Jawaban :
Argumen saya di era globalisasi dalam bidang ekonomi" segala sesuatu perubahan mempunyai dampak poditif dan negatif, dari globalisasi tersebut di bidang ekonomi indonesia semakin transfaran dengan adanya perdagangan bebas, adanya pembentukan APEC, dampak negatifnya,  masyarakat labat laun akan lebih cenderung mengunakan produk luar, jika hal tersebut tidak dikontrol lama kelamaan akan tergantung pada produk bangsa lain.

Dibidang politik" adanya pergerakan perubahan demokrasi/masyarakat demokratis,hal ini harus diwaspadai agar demokrsi tidak melenjeng dari idiologi pancasila.Di era globalisasi yang semakin maju dan moderen akan memberikan peluang besar bagi masyarakat. Masyarakat makin bebas bependapat apalagi sudah adanya teknologi yang canggih, sehingga dlam bidang ekonomi masyarakat sangat terbantu dengan adanya teknologi canggih, contoh dengan berjualan lewat online.Dalam bidang ekonomi masyarakat makin terbuka dan makin meningkatnya berbagai kebutuhan, wawasan tentang kehidupan ini harus dikembangkan sampai batas global dibidang ekonomi dan politik.

4. Jelaskan  perspektif global dari visi politik, sosiologi dan antropologi
Jawaban :
Perspektif global dari visi politik"sutu cara pandang dan cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian dari sudut kepentingan global dunia atau internasional'sebagai contoh terbentuknya kerjasama ASEAN stabilitas dan kemajuan politik indonesia, khususnya politik luar negeri berpengur pada politik global, maka dari itu negara kita tidak bisa melepaskan diri sepenuhnya dari pengaruh perkembangan negara lain, yang sudah maju, tetapi visi politik tidak juga lepas dari kaidah bangsa kita sendiri.  Negara dengan tujuan dan lembaga – lembaganya,  dari waktu ke waktu mengalami  perkembangan. Negara republik Indonesia pada saat di proklamasikan, baru mendapat pengakuan dari Negara lain secara terbatas. Akibatnya hubungan dengan Negara – Negara yang ada di dunia ini masih terbatas.stabilitas dan kemajuan politik Indonesia, khususnya politik luar negeri berpengaruh terhadap kondisi politik global. Hal ini dapat kita hayati tentang dampak konferensi Asia Afrika.

Perspektif global dari sosiologi" hubungan kelompok manusia serta lingkungan/hubungan antar manusia(lingkungan sosial) kemajuan teknologi sangatlah berpengaruh pada dampak pemanfaatannya, berdampak pada kecerdasan masyarakat modern global, dimana pada masa globalisasi sekarang makanan khas indonesia sudah terkenal di negara luar. fenomena yan timbul akibat hubunganya satu sama lain.objek yang menjadi sorotan utama adalah hubungan antar manusia dalam lingkungan sosial yang semakin lama semakin luasdan berkembang. Mulai dari keluarga, teman sepermainan, tetangga, sekampung, sekota,dan sampai antar bangsa.kemajuan sosial yang berdampak luas terhadap opini, kecerdasan, nalar dan wawasan manusia yang mengalaminya.

Perspektif global dari visi Antropologi"merupakan studi tentang manusia dengan kebudayaannya dalam kontek yang global, dari tingkat lokal sampai ketingkat global, positifnya budaya kita dapat fikenal dunia luar, negatifnya adanya pergeseran niali kehidupan dalam masyarakat berbudaya, sekarang masyarakat dalam negeri pola hidupnya sudah ada meniru orang luar, oleh sebab itu peningkatan kewaspadaan perspektif global harus di konrol sebaik mungkin, agar kemajuan tersebut budaya tata krama dan adat sopan satun budaya bangsa tidak tergeser oleh maduknya budaya luar.  Perkembangan aspek kehidupan apapun mulai dari tingkat local sampai tingkat global, dasarnya terletak pada budaya dan kebudayaan yang menjadi milik otentik umat manusia. Akan tetapi bisa dipungkiri dalam bidang sosial dan budaya menimbulkan dampak negative dari globalisasi anatara lain adalah meningkatkan individualism, perubahan pada pola kerja, terjadinya , pergeseran nilai kehidupan dalammasyrakat. Dalam kehidupan manusia yang semakin terbuka, persilangan kebudayaan sudah menjadi suatu kebutuhan karena proses tersebut tidak dapat di cegah apabila suatu Negara ingin menjadi bagian dari warga dunia.

5. Tunjukkan dampak positif dari globalisasi dan bagaimana kita  menyikapi!
Jawaban :
Dampak positif globalisasi yaitu : meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian. Kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga membuat produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional, tingkat kehidupan yang lebih baik, dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang baik, meluaskan pasar untuk produk,meningkatkan pembangunan Negara. , manfaat yang baik akan berakibat pada semakin baiknya kehidupan masyarakat dari berbagai bidang, kemajuan teknologi komunekasi dan informasi di pergunakan tanpa disalah gunakan, perdagangan antar negara mengenalkan produk bangsa kita seharusnya kita bangga, dengan hasil produk sendiri. Teknologi transportasi seyogyanya digunakan jntuk memudahkan terjalinnya kembali persaudaraan.

Cara menyikapi  dampak globalisasi yaitu dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya melalui pendidikan.Melalui pendidikan yang optimal,bangsa Indonesia dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga dapat bersaing di kancah dunia Internasional.Dengan adanya globalisasi kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien,  sehingga membuat produksi dalam negeri mampu bersaingdi pasar internasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 1.       Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar. Jawaban : 1)    Teori Belajar Bruner: ...