Sabtu, 27 Oktober 2018

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1


TUGAS 1
PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
1.      Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar.
Jawaban :
1)   Teori Belajar Bruner:
a.       Tahap enaktif/kegiatan ( berhubungan dengan benda  real, tahap ini anak masih gerak reflek dan coba-coba )
b.      Tahap ikonik (anak telah menandai,menyimpan peristiwa,anak dapat membayangkan kembali.)
c.       Tahap simbolik (mengutarakan  banyangan  yang ditandai dengan symbol )

Penerapannya jika kita menjelaskan di SD:
a.            Dimulai dari model kongkret mis:tati mempunyai 2 buku,.dst
b.            dibuatkan model,-model semi kongkret (model gambar)
c.            menggunakan symbol abstrak mis:3+2=n

Bruner & Kenney merumuskan 4 teorema pada pembelajaran matematika :
a.       Teorema penyusunan:sebaiknya siswa memulai dengan  penyajian kongkret dan  
mencoba idenya missal menghitung bilangan bulat positif dan negative menggunakan garis bilangan dengan  mencobanya sendiri.
b.      Teorema Notasi:dimulai dari yang sederhana secara kognitif sampai ke yang kompleks.cth ð=2D+5, ð dan D merupakan bilangan asli
c.       Teorema Pengontrsan dan Keanekaragaman:pembelajaran matematika perlu pengontrasan missal:busur,jari2,garis tengah,juring dari suatu lingakaran semuanya akan lebih bermakna jika dipertentangkan satu sama lainnya. bilangan prima dengan komposit, bilangan ganjil dan genap.
d.      Teorema Pengaitan:menurut teorema ini bahwa setiap konseo, dalil, berkaitan dengan  dalil, konsep lainnya.

2)   Teori Belajar Dienes:
a.       Bermain bebas (free play) ; anak bermain bebas tanpa diarahkn dengan  mengunakan benda matematika kongkret.

b.      Permainan(games):misal:anak diajak bermain berjejer membentuk garis lurus, mengumpulkan bangun-bangun  segitiga.
c.       Penelaahan kesamaan sifat:pada tahap ini siswa mengenal tentang pola keteraturan misal dari berbagai segitiga dari kawat karet dan berbagai bentuk segitiga sembarang, tumpul, lancip, samasisi, samakaki) siswa membuat atraksi tentang konsep segitiga bahwa untuk segitiga sembarang segitiga itu sisinya lurus ada ada 3 buah titik sudutnya juga ada 3
d.      Representasi:membuat pernyataan tentang konsep matematika.misalnya bilangan genap itu bilangan yang dibagi 2 sisanya 0.
e.       Simbolisasi:siswa menciptakan symbol untuk menyatakan suatu konsep misal:symbol segitiga:D
f.       Formalisasi:bukan hanya sekedar mampu merumuskan teorema namun bisa membuktikan secara deduktif(diluar kemampuan anak  di SD).

3)     Teori belajar van hiele:
a.            Pengenalan: mengenal bangun geometri secara keseluruhan. siswa telah mengenal segitiga,bujursangkar, namun belum mengetahui sifat2nya.
b.            Analisis:sudah mengenal sifat geometri
c.            Pengurutan: sudah mengetahui sifat geometri dan mengurutkan bangun geometri.
d.           Deduksi:siswa telah mampu menarik kesimpulan secara deduktif memahami unsur2 yang tidak di definisikan.
e.            Akurasi:mulai menyadari pentingnya ketepatan ketepatan prinsip2 dasar yang melandasi suatu pembuktian.

4)    Teori belajar brownell dan van engen:
a.     Menurut brownell ada 2 teori:
·         Meaning theory(anak harus melihat makna d rap yg dipelajarinya)
·         Drill theory:ikatan antara stimulus dan respons bs dicapai oleh siswa dg latihan berupa ulangan.

b.     Van engen membedakan :
·         Makna:sesuatu yg dibaca dari sebuah symbol
·         Mengerti:mengacu pd sesuatu yg dimiliki individu.

5)     Teory Belajar Gagne
·         Objek belajar matematika:
Ø  Objek langsung:fakta,operasi,konsep dan prinsip
Ø  Objek tidak langsung:kemampuan memecahkan masalah,disiplin diri,bersikap positif.
·         Tipe belajar:
Ø  Belajar isyarat
Ø  Stimulus respons
Ø  Rangkaian gerak
Ø  Rangkaian verbal
Ø  Belajar membedakan
Ø  Belajar konsep
Ø  Belajar aturan
Ø  Pemecahan masalah

  Untuk Soal dan Jawaban Nomor  2 dan seterusnya bisa hubungi 
  Whatsapp: 085346153333 (Jaynal Batola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 1.       Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar. Jawaban : 1)    Teori Belajar Bruner: ...