TUGAS 1
PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
1.
Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar.
Jawaban :
1) Teori Belajar Bruner:
a.
Tahap
enaktif/kegiatan ( berhubungan dengan benda real, tahap ini anak masih gerak reflek dan coba-coba
)
b.
Tahap
ikonik (anak telah menandai,menyimpan peristiwa,anak dapat membayangkan
kembali.)
c.
Tahap
simbolik (mengutarakan banyangan yang ditandai dengan symbol )
Penerapannya jika kita menjelaskan di SD:
a.
Dimulai
dari model kongkret mis:tati mempunyai 2 buku,.dst
b.
dibuatkan
model,-model semi kongkret (model gambar)
c.
menggunakan
symbol abstrak mis:3+2=n
Bruner & Kenney merumuskan 4 teorema pada pembelajaran
matematika :
a.
Teorema
penyusunan:sebaiknya siswa
memulai dengan penyajian kongkret dan
mencoba idenya
missal menghitung bilangan bulat positif dan negative menggunakan garis
bilangan dengan mencobanya sendiri.
b.
Teorema
Notasi:dimulai dari yang sederhana secara
kognitif sampai ke yang kompleks.cth ð=2D+5, ð dan D merupakan bilangan asli
c.
Teorema
Pengontrsan dan Keanekaragaman:pembelajaran
matematika perlu pengontrasan missal:busur,jari2,garis tengah,juring dari suatu
lingakaran semuanya akan lebih bermakna jika dipertentangkan satu sama lainnya.
bilangan prima dengan komposit, bilangan ganjil dan genap.
d.
Teorema
Pengaitan:menurut teorema ini bahwa setiap
konseo, dalil, berkaitan dengan dalil, konsep
lainnya.
2) Teori Belajar Dienes:
a.
Bermain
bebas (free play) ; anak bermain bebas tanpa diarahkn dengan mengunakan benda matematika kongkret.
b.
Permainan(games):misal:anak
diajak bermain berjejer membentuk garis lurus, mengumpulkan bangun-bangun segitiga.
c.
Penelaahan
kesamaan sifat:pada tahap ini siswa mengenal tentang pola keteraturan misal
dari berbagai segitiga dari kawat karet dan berbagai bentuk segitiga sembarang,
tumpul, lancip, samasisi, samakaki) siswa membuat atraksi tentang konsep
segitiga bahwa untuk segitiga sembarang segitiga itu sisinya lurus ada ada 3
buah titik sudutnya juga ada 3
d.
Representasi:membuat
pernyataan tentang konsep matematika.misalnya bilangan genap itu bilangan yang
dibagi 2 sisanya 0.
e.
Simbolisasi:siswa
menciptakan symbol untuk menyatakan suatu konsep misal:symbol segitiga:D
f.
Formalisasi:bukan
hanya sekedar mampu merumuskan teorema namun bisa membuktikan secara deduktif(diluar
kemampuan anak di SD).
3) Teori belajar van
hiele:
a.
Pengenalan:
mengenal bangun geometri secara keseluruhan. siswa telah mengenal
segitiga,bujursangkar, namun belum mengetahui sifat2nya.
b.
Analisis:sudah
mengenal sifat geometri
c.
Pengurutan:
sudah mengetahui sifat geometri dan mengurutkan bangun geometri.
d.
Deduksi:siswa
telah mampu menarik kesimpulan secara deduktif memahami unsur2 yang tidak di
definisikan.
e.
Akurasi:mulai
menyadari pentingnya ketepatan ketepatan prinsip2 dasar yang melandasi suatu
pembuktian.
4) Teori belajar brownell
dan van engen:
a. Menurut brownell ada 2
teori:
·
Meaning
theory(anak harus melihat makna d rap yg dipelajarinya)
·
Drill
theory:ikatan antara stimulus dan respons bs dicapai oleh siswa dg latihan
berupa ulangan.
b. Van engen membedakan :
·
Makna:sesuatu
yg dibaca dari sebuah symbol
·
Mengerti:mengacu
pd sesuatu yg dimiliki individu.
5) Teory Belajar Gagne
·
Objek
belajar matematika:
Ø Objek langsung:fakta,operasi,konsep dan prinsip
Ø Objek tidak langsung:kemampuan memecahkan masalah,disiplin
diri,bersikap positif.
·
Tipe
belajar:
Ø Belajar isyarat
Ø Stimulus respons
Ø Rangkaian gerak
Ø Rangkaian verbal
Ø Belajar membedakan
Ø Belajar konsep
Ø Belajar aturan
Ø Pemecahan masalah
Untuk Soal dan Jawaban Nomor 2 dan seterusnya bisa hubungi
Whatsapp: 085346153333 (Jaynal Batola)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar