Sabtu, 27 Oktober 2018

DISKUSI 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1


DISKUSI 1
Pertanyaan untuk didiskusikan :
1.      Menurut Piaget anak-anak usia SD masih berada pada tahap operasi konkret ( 7 -11/12 th). Apakah ini berarti bahwa anak usia SD tidak bisa belajar matematika tanpa bantuan benda konkrit ? Bagaimana komentar Anda.
Tanggapan :
Menurut saya Anak usia SD pada umumnya berada pada tahap berfikir operasional konkret namun kemungkinan masih berada pada tahap pra-operasi. Siswa yang berada pada tahap operasi konkret memahami hukum kekekalan, tetapi ia belum bisa berpikir secara deduktif sehingga
pembuktian dalil-dalil matematika tidak dimengerti. Jadi,agar pelajaran matematika di SD dapat dimengerti maka mengajarkan suatu bahasan harus diberikan kepada siswa yang sudah siap menerimanya.


2.      Mengapa matematika disebut ilmu deduktif ?, dan mengapa pembelajaran matematika di SD menggunakan induktif.
Tanggapan :
Matematika disebut sebagai ilmu deduktif, karena proses mencari kebenaran (generalisasi) dalam matematika berbeda dengan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan yang lain. Metode yang pencarian kebenaran yang dipakai adalah metode deduktif, tidak dapat dengan cara induktif.
Pembelajaran matematika di SD menggunakan metode induktif. Matematika merupakan ilmu deduktif. Namun karena sesuai tahap perkembangan siswa maka pada pembelajaran matematika di SD digunakan pendekatan induktif.  Pola pikir deduktif secara sederhana dapat dikatakan pemikiran “yang berpangkal dari hal yang bersifat umum diterapkan atau diarahkan kepada hal yang bersifat khusus”. Pola pikir deduktif ini dapat terwujud dalam bentuk yang amat sederhana tetapi juga dapat terwujud dalam bentuk yang tidak sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 1.       Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar. Jawaban : 1)    Teori Belajar Bruner: ...