DISKUSI
1
Pertanyaan
untuk didiskusikan :
1. Menurut Piaget anak-anak usia SD masih berada pada tahap
operasi konkret ( 7 -11/12 th). Apakah ini berarti bahwa anak usia SD tidak
bisa belajar matematika tanpa bantuan benda konkrit ? Bagaimana komentar Anda.
Tanggapan :
Menurut saya Anak usia SD pada umumnya berada pada tahap berfikir
operasional konkret namun kemungkinan masih berada pada tahap pra-operasi.
Siswa yang berada pada tahap operasi konkret memahami hukum kekekalan, tetapi
ia belum bisa berpikir secara deduktif sehingga
pembuktian dalil-dalil
matematika tidak dimengerti. Jadi,agar pelajaran matematika di SD dapat
dimengerti maka mengajarkan suatu bahasan harus diberikan kepada siswa yang
sudah siap menerimanya.
2. Mengapa matematika disebut ilmu deduktif ?, dan mengapa
pembelajaran matematika di SD menggunakan induktif.
Tanggapan :
Matematika disebut
sebagai ilmu deduktif, karena proses mencari kebenaran (generalisasi) dalam
matematika berbeda dengan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan yang lain.
Metode yang pencarian kebenaran yang dipakai adalah metode deduktif, tidak
dapat dengan cara induktif.
Pembelajaran
matematika di SD menggunakan metode induktif. Matematika merupakan ilmu
deduktif. Namun karena sesuai tahap perkembangan siswa maka pada pembelajaran
matematika di SD digunakan pendekatan induktif. Pola pikir deduktif secara sederhana dapat
dikatakan pemikiran “yang berpangkal dari hal yang bersifat umum diterapkan
atau diarahkan kepada hal yang bersifat khusus”. Pola pikir deduktif ini dapat
terwujud dalam bentuk yang amat sederhana tetapi juga dapat terwujud dalam
bentuk yang tidak sederhana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar