1.
Mengapa dalam pengelolaan pendidikan
harus berwawasan pespektif global!
Jawaban :
Karena dalam menghadapi globalisasi
tanpa adanya persiapan yang kuat maka globalisasi akan menjadi sesuatu yang
menakutkan dan akan berubah menjadi sesuatu yang negatif. Cara untuk
mempersiapkan diri dalam menghadapi globalisasi ini adalah dengan cara
meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan. Cara untuk meningkatkan dan memperluas
wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan cara yang paling efektif
adalah melalui pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan bagi suatu bangsa,
bagaimanapun mesti diprioritaskan. Sebab kualitas pendidikan sangat penting
artinya, karena hanya manusia yang berkualitas saja yang bisa bertahan hidup di
masa depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas
pendidikan tersebut adalah dengan pengelolaan pendidikan dengan wawasan global.
2.
Jelaskan pendidikan berwawasan
global bersifat sistemik, organik dengan ciri-ciri fleksibel adaptif dan
bersifat demokratis
Jawaban :
Pentingnya (urgensi) wawasan perspektif global dalam pengelolaan
pendidikan ialah sebagai langkah upaya dalam peningkatan mutu pendidikan
nasional. Hal ini dikarenakan dengan wawasan perspektif global kita dapat
menghindarkan diri dari cara berpikir sempit dan terkotak-kotak oleh batas
subyektif sehingga pemikiran kita lebih berkembang. Kita dapat melihat sistem
pendidikan di negara lain yang telah maju dan berkembang. Dapat
membandingkannya dengan pendidikan di negara kita, mana yang dapat diterapkan
dan mana yang sekerdar untuk diketahui saja.
Kita bisa mencontoh sistem pendidikan yang baik di negara lain selama hal
itu tidak bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia.Selanjutnya dalam
penerapan pengelolaan pendidikan dengan wawasan ber-prespektif global, lebih
ditekankan pada pendidikan yang berwawasan global. Pendidikan yang berwawasan
global ini dapat dibedakan menjadi 2, yaitu dalam perspektif reformasi dan
perspektif kuliner.
3.
Jelaskan kaitannya masalah global
dengan kepentingan nasional!
Jawaban :
Masalah Global Dalam Kaitannya
Dengan Kepentingan Nasional
Negara Terbelakang :negara yang kemampuan SDM-nya masih
sangat rendah dalam menguasai dan memanfaatkan IPTEK untuk menggali sumber daya
alam serta lingkungan bagi kemakmurannya ( tingkat pendidikan dan kemampuan
ekonominya rendah ).
Negara Berkembang : kemampuan IPTEKnya lebih maju ,
telah dapat memanfaatkan IPTEK dalam mengolah sumber daya alam dan
lingkungannya, meskipun masih berbobot tradisional, tingkat pendidikannya juga sudah lebih baik
bila dibandingkan dengan negara yang terbelakang.
Negara Maju : negara-negara yang telah menguasai dan
memanfaatkan IPTEK canggih dalam kehidupannya. Tingkat pendidikan masyarakat,
ekonomi dan pendapatannya sudah rata-rata tinggi.
4.
Jelaskan apa saja isu global dalam
pembelajaran IPS di SD
Jawaban :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada jenjang
pendidikan dasar memfokuskan kajiannya kepada hubungan antar manusia dan proses
membantu pengembangan kemampuan dalam hubungan tersebut. Pengetahuan,
keterampilan dan sikap yang dikembangkan melalui kajian ini ditunjukan untuk
mencapai keserasian dan keselarasan dalam kehidupan masyarakat. Telah kita
sadari bahwa pengajaran IPS bersumber dari masyarakat yang meliputi pertumbuhan,
perkembangan, dan kemajuan kehidupan termasuk segala aspek dengan
permasalahannya.Dengan demikian, pengajaran IPS tidak akan kehabisan materi
untuk dibahas dan dipermasalahkan. Materi tersebut bukan hanya apa yang terjadi
hari ini, melainkan juga yang telah terjadi pada masa lampau, dan lebih jauh
pada masa yang akan datang. Ditinjau dari lingkup wilayahnya, meliputi apa yang
terjadi secara lokal, nasional, regional sampai ke tingkat global. Hal tersebut
jadi perhatian dan lahan garapan pengajaran IPS.
Kemajuan IPTEK telah membantu kita
manusia “melihat” pristiwa dan permasalahan kehidupan yang secara fisik tidak
ada dihadapan kita. Dengan bantuan IPTEK itu juga, kita manusia mampu menganalisis,
memprediksi, dan meyakini pristiwa serta permasalahn diluar jangkauan pikiran
yang melekat pada diri masing-masing. Oleh karena itu, kita selaku guru IPS
harus memperhitungkan dan mengatisipasinya. Janganlah anda puas dengan materi
yang telah ada. kenyataan yang demikian itu merupakan hal yang harus
diperhatikan pada pembelajaran IPS, khususnya dalam membahas dan memberikan
pengertian tentang globalisasi .
5.
Bagaimana menyampaikan wacana isu
global dalam pembelajaran di dalam kelas!
Jawaban :
Pemebelajaran
IPS di tingkat SD secara terpadu harus mencakup aspek tentang isu global.
Fenomena dan isu dalam kehidupan dapat
berkembang menjadi masalah baru. Oleh karena itu sebagai guru IPS di
tingkat SD dituntut untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada siswa agar
bisa mampu menyerap informasi global, dengan mencermati masalah dan dampak
negatif yang terjadi
Berkenaan
dengan menyampaikan wacana isu global
dalam pembelajaran di dalam kelas ada beberapa hal yang harus di perhatikan
oleh guru antara sebagai berikut:
- Pertumbuhan penduduk dengan segala kebutuhan hidupnya menjadi factor pendorong utama kemajuan dan penerapan IPTEK dalam berbagai bidang kehidupan.
- Kemajuan dan penerapan IPTEK elektrik-elektronik menghasilkan multimedia, menajdi dasar terjadinya revolusi informasi dan masyarakat global
- Kemajuan kondisi fisikal alamiah dan rasial serta kehidupan social budaya, ekonomi dan politik di permukaan bumi, selain merupakan asset kesejahteraan kehidupan global, juga menjadi factor terjadinya konflik antar masyarakat di dunia.
- Penerapan IPTEK dalam memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan selain meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia juga dapat menimbulkan masalah global
- Kewaspadaan terhadap dampak negatif dari proses globalisasi, merupakan salah satu syarat penyelamatan kepentingan hidup Bangsa Indonesia dari budaya global.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar