Kamis, 07 Juni 2018

TUGAS 2 PDGK 4303 PERSPEKTIF GLOBAL


1.      Mengapa dalam pengelolaan pendidikan harus berwawasan pespektif global!
Jawaban :
Karena dalam menghadapi globalisasi tanpa adanya persiapan yang kuat maka globalisasi akan menjadi sesuatu yang menakutkan dan akan berubah menjadi sesuatu yang negatif. Cara untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi globalisasi ini adalah dengan cara meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan. Cara untuk meningkatkan dan memperluas wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan cara yang paling efektif adalah melalui pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan bagi suatu bangsa, bagaimanapun mesti diprioritaskan. Sebab kualitas pendidikan sangat penting artinya, karena hanya manusia yang berkualitas saja yang bisa bertahan hidup di masa depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas pendidikan tersebut adalah dengan pengelolaan pendidikan dengan wawasan global.

2.      Jelaskan  pendidikan berwawasan global  bersifat sistemik, organik dengan ciri-ciri fleksibel adaptif dan bersifat demokratis
Jawaban :

Pentingnya (urgensi) wawasan perspektif global dalam pengelolaan pendidikan ialah sebagai langkah upaya dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Hal ini dikarenakan dengan wawasan perspektif global kita dapat menghindarkan diri dari cara berpikir sempit dan terkotak-kotak oleh batas subyektif sehingga pemikiran kita lebih berkembang. Kita dapat melihat sistem pendidikan di negara lain yang telah maju dan berkembang. Dapat membandingkannya dengan pendidikan di negara kita, mana yang dapat diterapkan dan mana yang sekerdar untuk diketahui saja.
Kita bisa mencontoh sistem pendidikan yang baik di negara lain selama hal itu tidak bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia.Selanjutnya dalam penerapan pengelolaan pendidikan dengan wawasan ber-prespektif global, lebih ditekankan pada pendidikan yang berwawasan global. Pendidikan yang berwawasan global ini dapat dibedakan menjadi 2, yaitu dalam perspektif reformasi dan perspektif kuliner.
3.      Jelaskan kaitannya masalah global dengan kepentingan nasional!
Jawaban :
Masalah Global Dalam Kaitannya Dengan Kepentingan Nasional
Negara Terbelakang :negara yang kemampuan SDM-nya masih sangat rendah dalam menguasai dan memanfaatkan IPTEK untuk menggali sumber daya alam serta lingkungan bagi kemakmurannya ( tingkat pendidikan dan kemampuan ekonominya rendah  ).

Negara Berkembang : kemampuan IPTEKnya lebih maju , telah dapat memanfaatkan IPTEK dalam mengolah sumber daya alam dan lingkungannya, meskipun masih berbobot tradisional,  tingkat pendidikannya juga sudah lebih baik bila dibandingkan dengan negara yang terbelakang.

Negara Maju  : negara-negara yang telah menguasai dan memanfaatkan IPTEK canggih dalam kehidupannya. Tingkat pendidikan masyarakat, ekonomi dan pendapatannya sudah rata-rata tinggi.



4.      Jelaskan apa saja isu global dalam pembelajaran IPS di SD
Jawaban :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada jenjang pendidikan dasar memfokuskan kajiannya kepada hubungan antar manusia dan proses membantu pengembangan kemampuan dalam hubungan tersebut. Pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dikembangkan melalui kajian ini ditunjukan untuk mencapai keserasian dan keselarasan dalam kehidupan masyarakat. Telah kita sadari bahwa pengajaran IPS bersumber dari masyarakat yang meliputi pertumbuhan, perkembangan, dan kemajuan kehidupan termasuk segala aspek dengan permasalahannya.Dengan demikian, pengajaran IPS tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan dipermasalahkan. Materi tersebut bukan hanya apa yang terjadi hari ini, melainkan juga yang telah terjadi pada masa lampau, dan lebih jauh pada masa yang akan datang. Ditinjau dari lingkup wilayahnya, meliputi apa yang terjadi secara lokal, nasional, regional sampai ke tingkat global. Hal tersebut jadi perhatian dan lahan garapan pengajaran IPS.
Kemajuan IPTEK telah membantu kita manusia “melihat” pristiwa dan permasalahan kehidupan yang secara fisik tidak ada dihadapan kita. Dengan bantuan IPTEK itu juga, kita manusia mampu menganalisis, memprediksi, dan meyakini pristiwa serta permasalahn diluar jangkauan pikiran yang melekat pada diri masing-masing. Oleh karena itu, kita selaku guru IPS harus memperhitungkan dan mengatisipasinya. Janganlah anda puas dengan materi yang telah ada. kenyataan yang demikian itu merupakan hal yang harus diperhatikan pada pembelajaran IPS, khususnya dalam membahas dan memberikan pengertian tentang globalisasi .




5.      Bagaimana menyampaikan wacana isu global dalam pembelajaran di dalam kelas!
Jawaban :
Pemebelajaran IPS di tingkat SD secara terpadu harus mencakup aspek tentang isu global. Fenomena dan isu dalam kehidupan dapat  berkembang menjadi masalah baru. Oleh karena itu sebagai guru IPS di tingkat SD dituntut untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada siswa agar bisa mampu menyerap informasi global, dengan mencermati masalah dan dampak negatif yang terjadi
Berkenaan dengan menyampaikan wacana  isu global dalam pembelajaran di dalam kelas ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh guru antara  sebagai  berikut:

  1. Pertumbuhan penduduk dengan segala kebutuhan hidupnya menjadi factor pendorong utama kemajuan dan penerapan IPTEK dalam  berbagai bidang kehidupan.
  2. Kemajuan dan penerapan IPTEK elektrik-elektronik menghasilkan multimedia, menajdi dasar terjadinya revolusi informasi dan masyarakat global
  3. Kemajuan kondisi fisikal alamiah dan rasial serta kehidupan social  budaya, ekonomi dan politik di permukaan bumi, selain merupakan asset kesejahteraan kehidupan global, juga menjadi factor terjadinya konflik antar masyarakat di dunia.
  4. Penerapan IPTEK dalam memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan selain meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia  juga dapat menimbulkan masalah global
  5. Kewaspadaan terhadap dampak negatif dari proses globalisasi, merupakan salah satu syarat penyelamatan kepentingan hidup Bangsa Indonesia dari budaya global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1

TUGAS 1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 1.       Jelaskan jenis-jenis aliran dalam teori belajar. Jawaban : 1)    Teori Belajar Bruner: ...